News Update :

Bidpuan PKS Kepri: Anak Adalah Asset Dakwah

25 September 2012

Suryani, Sekretaris Bidpuan DPW PKS Kepri
PKS Nongsa - Mengingat pentingnya pendidikan agama bagi anak-anak ditengah arus globalisasi yang berjalan begitu cepat, Bidang Perempuan DPW PKS Provinsi Kepulauan Riau mengadakan Training For Trainer (TFT) bagi para anak kader PKS yang berlangsung selama dua hari ( 22 dan 23 September 2012) yang lalu di Asrama Haji Batam Center, Batam.

" Anak, bagi keluarga tarbiyah merupakan asset yang sangat penting dimana anak kader yang sekarang ada diharapkan kedepannya akan menjadi penerus perjuangan dakwah ini," ujar Suryani Sekretaris Bidpuan DPW PKS Kepri di Batam, Selasa (25/9).

Menurut perempuan yang akrab disapa Nani ini tarbiyah anak kader menjadi sebuah keharusan agar sedini mungkin anak-anak merasa memiliki dakwah ini. Bukan merasa menjadi “korban” tarbiyah dimana waktu bersama keluarga tersita karena kesibukan dakwah orangtuanya.

" Semakin banyaknya jumlah keluarga tarbiyah, tentu beriringan dengan semakin banyaknya pertumbuhan anak kader dengan segala permasalahan yang muncul," kata perempuan yang juga anggota DPRD Provinsi Kepri ini.
Nani menjelaskan bahwa Provinsi Kepulauan Riau dengan kondisi alam yang terdiri dari banyak pulau tentu mempunyai karakteristik dakwah yang unik.

" Permasalahan yang sering muncul adalah kurangnya Murobbi (pembina) anak kader dan orang tua masih belum faham tentang cara mentarbiyah anak usia 6 tahun keatas sesuai dengan tahap perkembangannya," katanya.

Sehingga lanjut Nani banyak anak kader yang kemudian bosan dan enggan ikut tarbiyah. Selain itu kurangnya ilmu dan skill Murobbi berkaitan dengan cara mentransfer materi sesuai dengan usia anak kader juga menjadi kendala di lapangan.

Suasana TFT Anak Kader
Dengan diadakannya pelatihan ini, maka kita dapat mengetahui tahapan perkembangan anak usia 6 tahun ke atas dan problematikanya, mengetahui pola pendekatan pada anak-anak yang akan ditarbiyah, mempelajari metode dan sarana-sarana tarbiyah anak kader, serta menyadarkan para orang tua bahwa betapa pentingnya kerja sama dengan Murobbi anaknya agar tarbiyah anak kader berjalan dengan baik.

" Para Murobbi anak kader harus membekali dirinya semaksimal mungkin dan memiliki kemampuan untuk mentarbiyah anak kader sesuai tahapan perkembangannya dengan metode yang tepat," ujarnya.

Disamping itu target diadakannya pelatihan ini adalah agar anak-anak kader yang telah ditarbiyah merasa nyaman dan enjoy sehingga proses tarbiyah berjalan dengan baik serta munculnya kerja sama yang baik antara orang tua dan Murobbi anak kader.

Peserta pelatihan ini diperkirakan berjumlah sekitar 40 orang yang dihadiri oleh para Murobbi anak kader se-Provinsi Kepri, calon Murobbi anak kader utusan DPD se-Kepulauan Riau, pengurus DPD se-Kepulauan Riau, pengurus Bidpuan DPW serta perwakilan Bidpuan DPD se-Kepulauan Riau.

Sementara itu yang memberikan materi pada pelatihan ini adalah Anna Mariani Kartasasmita (Kepala Departemen Ketahanan Keluarga Bidpuan DPP PKS), Siti Oniah (Deputy Tarbiyah Anak Kader), Rahmi Dahnan,Psi (Yayasan Kita dan Buah Hati Jakarta) serta Dedy Martoni. Spd, MSc (Praktisi pendidikan di Jakarta). Acara TFT Murobbi anak kader ini bekerjasama dengan Yayasan Cahaya Ummat Batam, demikian Suryani menjelaskan.

Penulis: DeMoes

#PKS Nongsa ***Dari Batam untuk Indonesia***
Share this Article on :

0 comments:

Poskan Komentar

 

© Copyright PKS NONGSA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by PKS NONGSA.