News Update :

PKS Daftarkan Seorang Mahasiswa dan Jadi Caleg Termuda di Bandung

23 April 2013

PKS Nongsa - Parpol peserta Pemilu 2014 rata-rata mematok perolehan kursi DPRD Jabar sebanyak 20 kursi. Partai Demokrat, PAN, Hanura, PDIP, PPP, merupakan sederet parpol yang menargetkan perolehan suara sebanyak 20 persen di Jawa Barat.

Kursi DPRD Jabar sendiri berjumlah 100 kursi. Hari terakhir pada Senin (22/4/2013) kemarin, sembilan dari 12 parpol telah mendaftarkan bakal calegnya. Sebelumnya PKS, PDIP, dan Partai Demokrat telah lebih dulu mendaftarkan bakal calegnya ke KPU Jabar.

"Targetnya 20 kursi, mudah-mudahan bisa terlampaui," kata Ketua DPW PAN Jabar, Edi Darnadi, di Kantor KPU Jabar, kemarin. Bacaleg PAN untuk DPRD Provinsi Jabar terdiri dari 61 orang laki-laki, dan 39 orang perempuan, bacaleg termuda adalah Amelia Rida (21), dan tertua Ina Martina (65).

Ketua DPD Partai Demokrat, Iwan R Sulandjana juga menargetkan perolehan 20 persen suara. Ketua DPD Partai Hanura Jabar, Azhar Aung, juga manargetkan mampu meraih 20 kursi di DPRD Jabar.

Di kursi DPD, Pelawak Oni Suwarman alias Oni SOS dan Jumono seorang penyandang cacat ikut mendaftar sebagai calon anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) dari Jabar. Keduanya mendaftar ke KPU Jabar di hari terakhir.

Jumono mengatakan, ia mendaftar dengan membawa berkas dukungan sekitar 5.200 foto copy KTP dari 19 Kabupaten/Kota. Sekitar 70 persen dari dukungan itu berasal dari penyandang disabilitas.

Di KPU Kota Bandung, tradisi mendaftar di hari terakhir membuat 8 partai  harus antri di KPU Kota Bandung, Senin (22/4), untuk menyampaikan daftar bakal calon legislatif mereka. Hingga tengah hari, 4 partai selesai dilayani dan 4 sisanya dilayani tengah hari sampai sore pukul 16.00 sesuai batas waktu yang ditetapkan sejak semula. Hingga tengah hari, berturut-turut 4 partai melakukan pendaftaran, yakni Partai Golkar, PPP, PDIP dan Partai Nasdem. Sedang pada gelombang kedua lewat tengah hari, berturut-turut mendaftar PKPI, PKB, Partai Hanura dan terakhir adalah Partai Gerindra.

Ketua DPC Partai Golkar Kota Bandung, Asep Dedy Ruyadi, yang menjadi bacalkot, ikut tercantum namanya dalam daftar bakal Caleg Golkar untuk DPRD Jawa Barat. Pasangannya dalam Pilwalkot, MQ Iswara, juga mendaftar sebagai bakal calon legislatif di tingkat pusat untuk meraih kursi DPR-RI.

Di Padalarang, Seorang mahasiswa mendaftar sebagai bakal Caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bandung Barat (KBB). Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung bernama Isnaini tersebut mendaftar sebagai Caleg DPRD KBB periode 2014-2019.

Di Ciamis, pada jam terakhir (injury time) pukul 15.00 paling banyak partai peserta pemilu mendaftarkan calegnya. Pada pukul 15.00  giliran PDIP mendaftarkan bakal calegnya yang masuk daftar Caleg sementara, kemudian pukul 15.30 disusul PKB dan Demokrat,  Golkar pukul 15.40, lantas PPP pukul 15.45, Gerindra jam 15.50. terakhir Nasdem pada pukul 15.57, atau tiga menit menjelang batas akhir pendaftaran Caleg yang pukul 16.00 Senin (22/4/2013).

Di Sumedang, KPU menerima 552 bakal calon legislatif (caleg) yang diusulkan 12 parpol. Dari dua belas parpol itu hanya tiga parpol yang tidak mengajukan 100 persen jumlah kursi. Hanura hanya mengajukan 38 kursi, PBB (34) dan PKPI (30). Para Caleg itu akan memperebutkan 50 kursi di DPRD Sumedang.

"Sampai batas penutupan, KPU menerima pendaftaran dari 12 parpol dengan jumlah bakal Caleg 552 orang," kata Asep Kurnia, Ketua KPU di kantornya, Senin (22/4/2013).

Menurutnya dari sejumlah bakal Caleg itu jumlah Caleg perempuan mencapai 199 orang. "Jumlah ini meningkat dibanding pemilu sebelumnya karena saat ini ada kewajiban harus memenuhi tiga puluh persen keterwakilan perempuan," katanya.[tribunnews]

App Android Klik Disini  | APP Blackberry Klik Disini
Share this Article on :

0 comments:

Poskan Komentar

 

© Copyright PKS NONGSA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by PKS NONGSA.